PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risma Nur Aini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Project Based Learning berbantuan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design type dengan dua kelas yaiku kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan posstest-only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebondalem Mojosari dan sampel penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen sejumlah 22 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji T dengan program SPSS. Dari hasil pengolahan data disimpulkan terapat pengaruh Project Based Learning berbantuan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Kebondalem Mojosari. Melalui model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video animasi, anak akan memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Project Based Learning, Video Animasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Risma Nur Aini, & Danang Prastyo. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 922–928. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/996