Pengaruh Media Video dengan Google Form terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pewarisan Sifat di SMPN 1 Pacet

Authors

  • Aziziah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi bidang pendidikan baik secara individu
maupun kelompok. Kemajuan teknologi sendiri dapat mendukung proses berpikir sains pada
siswa. Begitu juga guru, disarankan untuk lebih inovatif dalam penerapan teknologi dalam
pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media video
berbantuan google form terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMPN 1 Pacet. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Design. Pemilihan sampel dari 7
kelas dilakukan dengan cara pengundian uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik berupa uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t).
Berdasarkan hasil analisis uji-t yang dilakukan dimana nilai Asymp. Sig. (2-tailed) hasil belajar
sebesar 0,027 dan Asymp. Sig. (2-tailed) retensi hasil belajar sebesar 0,012 sehingga
menghasilkan nilai kurang dari 0,05 dimana hal tersebut menjawab hipotesis jika terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan retensi hasil belajar siswa pada
pembelajaran Pewarisan Sifat dengan menggunakan video berbantuan google form. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa media video berbantuan google form memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa dan retensi hasil belajar siswa, selain itu juga
meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPA.
Kata kunci: Media Video; Google Form; Hasil Belajar; Pewarisan Sifat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Aziziah. (2024). Pengaruh Media Video dengan Google Form terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pewarisan Sifat di SMPN 1 Pacet . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/994