Konstruktivisme dalam Pendidikan Abad 21 Membangun Siswa yang Kreatif dan Inovatif dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, Kesehatan dan Olahraga di SD Negeri Kendalsari 1

Authors

  • Arindra Yudhianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abad 21 telah membawa perubahan signifikan pada sektor pendidikan, dengan fokus pada
pengembangan siswa yang kreatif, inovatif, dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang cepat.
Implementasi teori konstruktivisme pada pendidikan jasmani, kesehatan, dan olahraga di SD
Negeri Kendalsari 1 bertujuan untuk mempromosikan pembelajaran yang berpusat pada siswa,
berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Studi ini menggunakan desain penelitian
kualitatif, melibatkan 30 siswa dan 5 guru sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi teori konstruktivisme secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif,
kemampuan pemecahan masalah, dan motivasi belajar siswa. Studi ini menyarankan bahwa teori
konstruktivisme dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mengembangkan siswa yang kreatif
dan inovatif pada pendidikan jasmani, kesehatan, dan olahraga.
Kata Kunci: Konstruktivisme; Pendidikan Jasmani; Inovasi; Kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Arindra Yudhianto. (2024). Konstruktivisme dalam Pendidikan Abad 21 Membangun Siswa yang Kreatif dan Inovatif dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, Kesehatan dan Olahraga di SD Negeri Kendalsari 1. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/993