Implementasi CSR UMKM Kuliner D’Brina Sampangan Di Tengah Masyarakat
Abstract
Implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) oleh UMKM kuliner D'Brina Sampangan di tengah masyarakat menunjukkan pendekatan yang komprehensif dan berdampak positif. Melalui analisis mendalam terhadap kebutuhan komunitas sekitar, UMKM D'Brina Sampangan merancang inisiatif CSR yang responsif, mencakup bantuan untuk korban bencana alam, pemberian makan gratis setiap Jumat dan selama bulan Ramadhan bagi warga kurang mampu, serta praktik ramah lingkungan seperti pengurangan penggunaan plastik dan pengelolaan limbah berkelanjutan, sebagai komitmen terhadap kelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi partisipatif dan wawancara mendalam, melibatkan wawancara dengan pemilik, 3 karyawan, dan 5 pelanggan setia kedai D'Brina Sampangan untuk menganalisis implementasi program CSR perusahaan dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik CSR perusahaan telah memberikan kepuasan yang tinggi bagi para pelanggan maupun karyawan. Melalui implementasi CSR yang komprehensif, UMKM D'Brina Sampangan berhasil membangun hubungan harmonis dengan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, memberikan dukungan di masa-masa sulit, dan berkontribusi pada kesejahteraan sosial serta kelestarian lingkungan, menjadikannya contoh UMKM yang unggul dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), UMKM D'Brina, kepuasan pelanggan, kelestarian lingkungan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.