Potensi Ekstrak Rimpang Pacing (Costus speciosus), Daun Srikaya (Annona squamosa L.) dan Kombinasinya Terhadap Jumlah Folikel Primer dan Sekunder Pada Mencit Betina (Mus musculus)

Authors

  • Purity Sabila Ajiningrum Biologi, MIPA, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susie Amilah Biologi, MIPA, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Prafikka Galuh Widyaningtyas Biologi, MIPA, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pengembangan kontrasepsi dari bahan alami, terutama dari tanaman dapat dijadikan solusi sebagai bahan pengatur fertilitas. Berbagai senyawa bioaktif yang ada pada tumbuhan memiliki khasiat sebagai bahan pengatur fertilitas. Pacing (Costus speciosus) dan Srikaya (Annona squamosa L.) adalah salah satu dari sekian banyak tanaman yang dapat dimanfaaatkan sebagai bahan kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemberian ekstrak Rimpang pacing, daun Srikaya dan ekstrak kombinasinya terhadap jumlah folikel primer dan folikel sekunder pada mencit (Mus musculus). Jumlah folikel dihitung berdasarkan perkembangannya pada ovarium. Tiap mencit dihitung jumlah folikelnya pada tiga preparat dan pengamatan dilakukan di bawah mikroskop dengan perbesaran 40 kali. Penelitian ini menggunakan data yang dihitung menggunakan perangkat lunak SPSS. Metode analisis uji F (anova) satu arah dengan percobaan rancangan acak lengkap (RAL). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian ekstrak rimpang pacing, daun srikaya dan ekstrak kombinasinya terhadap jumlah folikel primer dan sekunder pada mencit. Penurunan jumlah folikel primer dan sekunder terbaik adalah pada pemberian ekstrak Rimpang Pacing dosis 250 mg/kg BB. Semakin tinggi dosis ekstrak yang diberikan maka semakin sedikit jumlah folikel yang terbentuk.

Kata kunci : daun srikaya, jumlah folikel, rimpang pacing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Purity Sabila Ajiningrum, Susie Amilah, & Prafikka Galuh Widyaningtyas. (2021). Potensi Ekstrak Rimpang Pacing (Costus speciosus), Daun Srikaya (Annona squamosa L.) dan Kombinasinya Terhadap Jumlah Folikel Primer dan Sekunder Pada Mencit Betina (Mus musculus). SNHRP, 584–588. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/99