PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggita Noerma Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rosmiati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media permainan monopoli terhadap
keterampilan bertanya siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini kuantitatif
eksperimen yakni Quasi Excperimen pretest dan postes. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa
kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah masingmasing 25 siswa, data di analisis menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan media
permainan monopoli dalam IPAS lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran
konvensional. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media permainan monopoli terhadap
peningkatan keterampilan bertanya siswa Kelas V SDN Dukuh Menanggal 01 Surabaya.
Kata kunci: Media Permainan Monopoli, Keterampilan Bertanya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Anggita Noerma Ramadhani, & Rosmiati. (2024). PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/989