PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM IPAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media permainan monopoli terhadap
keterampilan bertanya siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini kuantitatif
eksperimen yakni Quasi Excperimen pretest dan postes. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa
kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah masingmasing 25 siswa, data di analisis menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan media
permainan monopoli dalam IPAS lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran
konvensional. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media permainan monopoli terhadap
peningkatan keterampilan bertanya siswa Kelas V SDN Dukuh Menanggal 01 Surabaya.
Kata kunci: Media Permainan Monopoli, Keterampilan Bertanya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.