PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV

Authors

  • Ika Kristea Marthen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian siswa SD Surabaya dan sampel peneliti siswa kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan uji T dengan program SPSS. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model PjBL kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Ika Kristea Marthen, & Danang Prastyo. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/979