RANCANGAN SOAL MATEMATIKA OPEN-ENDED DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MELATIH PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya soal ujian matematika yang berada pada kategori LOTS (Low Order Thinking Skills) dan MOTS (Middle Order Thinking Skills). Hal itu menyebabkan kemampuan penalaran matematis siswa jarang untuk digunakan, maka diperlukan adanya soal open-ended yang digunakan dipakai saat pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika open-ended pada materi bangun datar dengan pendekatan konstruktivisme untuk melatih penalaran matematis siswa yang valid dan praktis. Perancangan soal dan analisis penyelesaian siswa disesuaikan berdasarkan teori konstruktivisme. Ketika siswa memberikan alasan dan strategi penyelesaian soal open-ended maka akan membuat siswa mengkontruksi konsep dan pengalaman yang siswa miliki. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Formative Evaluation oleh Tessmert. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan angket. Hasil pengembangan juga diuji validitas dan kepraktisannya. Uji validitas dilakukan oleh 4 orang ahli, kemudian soal diujikan secara one-to-one dan small group kepada 10 siswa kelas VII SMPN 1 Sukdoono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal matematika open-ended dengan pendekatan konstruktivisme pada materi bangun datar kelas VII untuk melatih penalaran matematis siswa dikatakan sangat valid dan sangat praktis. Dengan nilai kevalidan sebesar 0,87 serta nilai kepraktisan 89,64.
Kata kunci: Soal Open-Ended; Konstruktivisme; Penalaran Matematis
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.