TANTANGAN GURU DALAM MEWUJUDKAN ERA SOCIETY 5.0 MELALUI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Rani Adillah Universitas Negeri Medan

Abstract

Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan, tidak hanya sebagai penyampai ilmu tetapi juga bertanggung jawab terhadap perkembangan kepribadian siswa. Mereka perlu menciptakan proses pembelajaran yang merangsang siswa belajar secara efektif dan dinamis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tantangan yang dihadapi oleh guru saat ini sangat besar, terutama dengan masuknya era industri 4.0 dan kemudian munculnya era society 5.0 yang menjadi tantangan baru bagi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menghadapi era society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif  untuk mengumpulkan data menggunakan  pendekatan studi pustaka (library research), dimana mengumpulkan berbagai referensi bacaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, yaitu mengenai tantangan guru dalam menghadapi era Society 5.0 melalui kurikulum merdeka. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dalam menghadapi era Society 5.0, guru perlu memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, dan berkreasi. Mereka juga harus memenuhi kualifikasi khusus, meningkatkan kompetensi, serta mengembangkan keterampilan dalam mendidik siswa agar siap menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

Kata kunci: Tantangan Guru; Era Society ; Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Rani Adillah. (2024). TANTANGAN GURU DALAM MEWUJUDKAN ERA SOCIETY 5.0 MELALUI KURIKULUM MERDEKA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 884–892. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/977