IMPLEMENTASI TAG VIDEO SOSIAL MEDIA PADA MODEL PEMBELAJARAN PJBL BAGI SISWA MTS BI’RUL ULUM GEMURUNG
Abstract
Setiap mata pelajaran mempunyai kesan tersendiri bagi siswa, mata pelajaran Bahasa arab misalnya mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi siswa khususnya di Madrasah Tsnawiyah. Mata pelajaran Bahasa arab di nilai sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan bagi kebanyakan siswa, hal inilah yang menjadi alasan untuk membuat sebuah projek yang menyenangkan bagi siswa agar tidak lagi ada yang menganggap bahwa Bahasa arab adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Projek menjadi pilihan dalam meningkatkan pembelajaran dikarenakan pada mata pelajaran lainnya seperti TIK, Seni Budaya siswa sangat antusias mengikuti mata pelajaran ini dikarenakan membuat sebuah hasil projek. Pada penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengilustrasikan efektivitas penggunaan tag video sosial media pada model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Adapun subjek penelitian bagi siswa kelas VIII MTs Bi’rul Ulum sebanyak 24 siswa dan guru mata pelajaran Bahasa arab VIII. Pada proses pembuatan video sebelumnya dibimbing oleh guru TIK, sehingga siswa sudah menguasai tentang editing video. Hal inilah yang menjadi modal dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan dengan mata pelajaran lainnya. Kendala dalam pembuatan video tidak ditemukan sehingga penggunaan tag video sosial media dapat berjalan dengan baik. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa penerapan tag video sosial media pada model pembelajaran Project Based Learning yang berorientasi pada hasil project dengan tag video pada sosial media berupa tiktok efektif dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo.
Kata kunci: Bahasa Arab; Project Based Learning; Tag Video
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.