Efektivitas Penggunaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Peserta Didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap pengambilan keputusan karier peserta didik di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan kriteria siswa atau individu yang memiliki skor rendah dalam pengambilan keputusan karier sehingga didapatkan dari hasil pretest sebesar 6 siswa yang memiliki skor rendah diantara 2 kelas yaitu XI-B1 dan XI-B2. Pengumpulan data diperoleh dari pretest-posttest melalui penggunaan instrument berupa kuisioner pengambilan keputusan karier. Teknik analisis menggunakan bantuan SPSS For Windows. Hasil uji normalitas data berdistribusi normal. Dari hasil uji t menggunakan uji paired t test mendapatkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara hasil Pre-test dengan Post-test, yang artinya hal ini menunjukkan adanya efektivitas penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap pengambilan keputusan karier siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan.
Kata kunci: bimbingan kelompok; diskusi kelompok; pengambilan keputusan karier
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.