PENGARUH INFLUENCER TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK PERAWATAN DAN KECANTIKAN PADA BRAND SCARLETT DAN WARDAH

Authors

  • Wira Yudha Alam Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Niken Adinda Salsabillah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fannisa Putri Agustin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Annisa Islah Rahma Diana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Perkembangan industri perawatan tubuh dan kecantikan di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena tersebut dipicu oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan dan kecantikan kulit serta besarnya pengaruh media sosial terhadap penyajian produk tersebut. Penelitian ini berfokus pada dua brand ternama, Scarlett dan Wardah, serta bagaimana kolaborasi dengan influencer mempengaruhi pemasaran dan penjualan produknya.  Scarlett Whitening memanfaatkan popularitas budaya Korea dengan merekrut Song Joong Ki sebagai brand Ambassador. Strategi ini berhasil menarik perhatian Generasi Z yang terpengaruh K-wave sehingga meningkatkan visibilitas Scarlett di pasar domestik dan internasional. Di sisi lain, Wardah menggunakan strategi yang fokus bekerja sama dengan influencer lokal untuk mempertahankan posisi dominannya di pasar Indonesia. Kedua merek tersebut juga beroperasi di platform belanja online populer seperti Shopee, TikTok, dan Tokopedia sehingga memudahkan konsumen dalam membeli produk. Dengan membandingkan strategi pemasaran dan kolaborasi dengan influencer, penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan influencer ke dalam strategi pemasaran dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendukung pertumbuhan penjualan merek di pasar yang semakin kompetitif seperti industri kecantikan.

 Kata Kunci : Influencer, Produk Kecantikan, Scarlett, Wardah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Wira Yudha Alam, Niken Adinda Salsabillah, Fannisa Putri Agustin, & Annisa Islah Rahma Diana. (2024). PENGARUH INFLUENCER TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK PERAWATAN DAN KECANTIKAN PADA BRAND SCARLETT DAN WARDAH. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 769–781. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/951