Tinjauan Keefektifan Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di SMA Antartika Sidoarjo sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan
Abstract
Artikel ini menganalisis tantangan dan efektivitas manajemen program bimbingan dan konseling di SMA Antartika Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru bimbingan dan konseling (BK) dan observasi selama satu tahun. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dampak manajemen program BK terhadap keberhasilan siswa. Temuan penelitian mengungkap keterbatasan jumlah guru BK yang berpendidikan sesuai dan evaluasi program yang masih kurang optimal. Meskipun demikian, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti lembaga bimbingan belajar dan komunitas lokal, program BK di SMA Antartika Sidoarjo mampu memberikan layanan yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang terintegrasi dan berpusat pada siswa berhasil memaksimalkan potensi siswa dalam mempersiapkan masa depan mereka, meskipun masih diperlukan peningkatan dalam pengawasan individu dan bimbingan personal.
Kata kunci: Efektifitas program; Bimbingan dan Konseling; Pendidikan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.