Peran Soft Skill, Orientasi Pasar dan Literasi Digital dalam mendukung Keberlanjutan Usaha UMKM Makanan Dan Minuman di Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran soft skill, orientasi pasar dan literasi digital dalam mendukung keberlanjutan usaha UMKM makanan dan minuman di Kota Surabaya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh ditujukan pada UMKM yang menjalankan usahanya di sentra wisata kuliner (SWK) sebanyak 80 UMKM. Data didapatkan dengan instrument yang diisi melaui google form dan secara manual dengan mengisi kuesioner secara langsung. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji kelayakan data. Secara deskriptif didapatkan data bahwa mayoritas pelaku UMKM adalah wanita dengan pendidikan terakhir Sarjana dan hasil analisis regresi didapatkan bahwa soft skill, orientasi pasar dan literasi digital secara positif berperan mendukung keberlanjutan usaha UMKM makanan dan minuman di Kota Surabaya. Sejalan dengan hasil penelitian, disarankan pada pelaku UMKM makanan dan minuman hendaknya lebih meningkatkan soft skill dan memiliki wawasan akan literasi digital secara utuh agar dapat mengikuti perkembangan teknologi, demikian halnya dengan orientasi pasar yang harus selalu ada pada pelaku UMKM dalam mendukung keberlajutan usaha.
Kata kunci: soft skill, orientasi pasar, literasi digital, keberlanjutan usaha, UMKM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.