KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SENI RUPA BERBANTUAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 18 SURABAYA
Abstract
Peradaban manusia saat ini telah memasuki era digital yang ditandai dengan peran teknologi informasi yang tidak lepas dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu aspek krusial. Pendidikan pada masa sekarang harus disesuaikan dengan perkembangan era digital agar kompetensi siswa meningkat sehingga menjadi sumber daya yang mampu menghadapi persaingan dan tantangan global sesuai tuntutan zaman. Siswa dituntut untuk memiliki utamanya kemampuan kognitif yang tinggi. Seni Rupa merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada Sekolah Menengah Atas (SMA), yang pada era digital juga harus memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Dalam mata pelajaran Seni Rupa teknologi digunakan sebagai media pembelajaran yaitu berupa virtual reality. Virtual reality merupakan teknologi yang mampu membuat pengguna berinteraksi pada suatu lingkungan di dunia virtual seolah-olah nyata. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Seni Rupa berbantuan virtual reality dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA khususnya di SMAN 18 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dari jurnal nasional dan jurnal internasional pada database jurnal (ERIC, Scopus, Google Scholar). Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil bahwa pembelajaran Seni Rupa berbantuan virtual reality efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMAN 18 Surabaya di era digital.
Kata kunci: Pembelajaran Seni Rupa; kemampuan kognitif; Virtual reality
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.