PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Tarisa Fina Eritasari Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu pendidikan ,Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bermaksud agar mengeksplorasi dampak dari model belajar Project Based Learning (PjBL) Menganalisis Kemahiran pemikiran kreatif siswa di dalam kelas lV di SDN Menanggal 601 Surabaya. Penelitian ini diharapkan agar memberikan alternatif dalam memahami Proses pembelajaran dan pencapaian Prestasi akademik yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran ini disajikan. Penelitian ini mengadopsi Metode berbasis angka dengan desain eksperimen semu memakai posttest only design. Teknik pengumpulan data tersebut dapat disampaikan sebagai meliputi penggunaan tes dan non-tes. Data yang dianalisis terdiri dari hasil post test yang diperoleh dari dua kelas, yaitu kelas lV B (kelas eksperimen) sebanyak 28 siswa serta kelas lV C (kelas kontrol) seluruh siswa yang sama di SDN Menanggal 601 Surabaya. Penelitian menghasilkan bahwa di kelas kontrol, yang menerima kegiatan belajaran metode ceramah, mempunyai nilai posttest sebesar 64.30, sementara siswa di kelas percobaan dengan memakai model PjBL menunjukkan nilai posttest sebesar 78.95. Analisis statistik yang dilakukan termasuk uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dengan signifikansi sebesar 0.319 lebih besar 0.05, mengindikasikan distribusi data yang normal. uji homogenitas juga menghailkan signifikan 0.835 lebih besar 0.05, mengkonfirmasi homogenitas data. Uji T menggunakan SPSS 26 menghasilkan signifikan lebih kecil 0.05. mengindikasikan model belajar PjBL memiliki pengaruh positif pada kemampuan pikir kreatif siswa kelas IV. 

Kata kunci: Model pembelajaran PjBL,kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Tarisa Fina Eritasari. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 683–690. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/941