Hubungan Resiliensi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bidik Misi
Abstract
Mahasiswa yang berstatus penerima beasiswa bidik misi mempunyai tuntutan yang lebih dibandingkan mahasiswa pada umumnya, salah satunya target pencapaian prestasi akademik yang dilaporkan secara periodik dalam bentuk Kartu Hasil Studi yang memuat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Dalam upaya pencapaian prestasi akademik tersebut, mahasiswa dituntut untuk memiliki ketahanan akademik sehingga mampu beradaptasi terhadap berbagai kesulitan yang dikenal dengan istilah resiliensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan resiliensi dengan prestasi akademik mahasiswa bidik misi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket resiliensi yang dikembangkan oleh Reivich & Shatte (2002). Prestasi akademik bersumber pada data pelaporan IPK mahasiswa bidik misi setiap semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi yang terbentuk antara resiliensi dengan prestasi akademik sebesar 0,613 jika dibandingkan dengan r tabel sebesar 0,208 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara resiliensi dengan prestasi akademik mahasiswa bidik misi. Rekomendasi hasil penelitian ditujukan kepada Dosen Pembimbing Akademik, Layanan Guidance Counseling and Career Center, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), serta peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Resiliensi, Prestasi Akademik, Mahasiswa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.