PENANAMAN NILAI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERAN MELALUI KOMUNIKASI PENGASUHAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Sri Rahma Litiloli Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Khania Mariska Putri Suharto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yunita Elsiana Nurjannah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Anak usia dini merupakan masa kritis dalam perkembangan sikap, nilai, dan moral anak. Anak pada usia ini sudah siap menerima dan mempertimbangkan nilai-nilai yang diajarkan kepadanya. Sikap toleransi adalah kemampuan untuk menerima perbedaan pendapat, keyakinan, atau perilaku orang lain tanpa memaksakan pandangan sendiri. Penanaman sikap toleransi sejak usia dini ini penting pada tahap anak sedang mengembangkan persepsi tentang dunia dan nilai sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya menanamkan nilai toleransi sejak dini agar menjadi bagian integral dari kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan mengumpulkan berbagai sumber berupa hasil penelitian, jurnal ilmiah, buku dan sumber lainnya dengan topik terkait penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap toleransi pada anak usia dini sangatlah penting, karena dengan menanamkan nilai toleransi diharapkan anak akan memahami dan menghargai perbedaan latar belakang, ras dan agama serta berkembang secara harmonis, hubungan dengan teman sebaya, keluarga dan masyarakat sekitar. Melalui penanaman sikap toleransi sejak dini anak dapat menjadi individu yang yang lebih inklusif dan yang dapat berkontribusi positif terhadap masyarakat multikultural.

Katakunci: Penanaman Nilai, Anak Usia Dini, Toleran

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Sri Rahma Litiloli, Khania Mariska Putri Suharto, Yunita Elsiana Nurjannah, & Ervin Nurul Affrida. (2024). PENANAMAN NILAI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERAN MELALUI KOMUNIKASI PENGASUHAN ANAK USIA DINI. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 670–675. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/935