Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas, Inovatif Dan Kolaborasi Melalui Lesson Study Of Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Hironimus Tangi Program studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yanti Rosinda Tinenti Program studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Katolik Widya Mandira  untuk menganalisis kemampuan mahasiswa yaitu Kemampuan Berpikir kritis, Kreativitas, inovatif dan kolaborasi melalui sistem Lesson Study of Learning Community  (LSLC)  untuk meningkatkan nilai hasil belajar mahasiswa.  Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kemampuan Berpikir kritis, Kreativitas, inovatif dan kolaborasi melalui sistem LSLC terhadap hasil belajar mahasiswa?”.

Sampel dalam penelitian ini adalah  mahasiswa semester VII berjumlah  5 orang dari 15 orang mahasiswa yang mengambil matakuliah tugas akhir. Tahap dalam penelitian ini mengikuti tahapan sistim LSLC yaitu Plan, Do dan See. Dalam memperoleh data kemampuan berpikir kritis, kreativitas, inovatif dan kolaborasi pada mahasiswa, di dapat melalui lembar angket dan lembar keterlaksanaan sistem LSLC.

Hasil penelitian ini yaitu: Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan indikator  yaitu menganalisis argumen, menggunakan penalaran, menilai atau mengevaluasi dan membuat keputusan atau pemecahan masalah pada rencana penelitian dengan skor rerata : 90,1.  Kemaampuan Kreativitas mahasiswa dengan indikator yaitu mengembangkan instrumen, menerapkan dan menyimpulkan hasil penelitian dengan skor 92. Kemampuan inovatif dengan indikator yaitu  merancang, menghasilkan penelitian dengan skor rerata : 91.9. Kemampuan kolaborasi yaitu  kemampuan kerja sama tim dalam keterlaksanaan LSLC di sekolah tempat penelitian dengan skor rerata 91.35.

Berdasarkan hasil analisis kemampuan Berpikir kritis, Kreativitas, inovatif dan kolaborasi pada mahasiswa dapat disimpulkan bahwa ada penganruh yang signifikan dari sistim Lesson Study of Learning Community  (LSLC) terhadap kemampuan tersebut sehingga mempengaruhi  hasil belajar yang ditunjukkkan melalui nilai ujian skripsi mahasiswa.

Kata Kunci : Sistim Lesson Study of Learning Community (LSLC), kemampuan Berpikir kritis, Kreativitas, inovatif dan kolaborasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Hironimus Tangi, & Yanti Rosinda Tinenti. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas, Inovatif Dan Kolaborasi Melalui Lesson Study Of Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. SNHRP, 332–340. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/93