Peran Manajemen Layanan Program Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Karir setelah Kelulusan pada Siswa SMA Antartika Sidoarjo

Authors

  • Adetea Aprilyanti Supriyo Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maghfirotul Lathifah Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pentingnya peran program bimbingan dan konseling dalam membantu siswa mengembangkan potensi akademik dan non-akademik mereka, serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah manajemen bimbingan konseling dapat menentukan melanjutkan perguruan tinggi atau berkerja untuk mencapai masa depan siswa kelas XII SMA Antartika Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dengan partisipan penelitian meliputi guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas XII SMA Antartika Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program bimbingan dan konseling yang efektif, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan konseling, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta meningkatkan kesiapan mereka menghadapi ujian akhir seleksi masuk perguruan tinggi atau bahkan mengambil keputusan untuk bekerja. Implementasi strategi manajemen yang terstruktur dan berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan keterserapan kelulusan siswa secara signifikan untuk menentukan masa depannya.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Manajemen Layanan, Keterserapan Kelulusan, Optimalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Adetea Aprilyanti Supriyo, & Maghfirotul Lathifah. (2024). Peran Manajemen Layanan Program Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Karir setelah Kelulusan pada Siswa SMA Antartika Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 49–54. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/926

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>