Teknik Gerakan Ling Tien Kung Dalam Menurunkan Hipertensi Pada Lansia

Authors

  • Nyna Puspita Ningrum DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas PGRI Adi Buana

Abstract

   Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi adalah gangguan pada pembuluh darah yang akan berakibat pada suplai oksigen dan nutrisi yang diangkut oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang memerlukannya. Dengan bertambahnya usia, kondisi dan fungsi tubuh semakin menurun, tak heran bila pada usia lanjut semakin banyak keluhan yang disampaikan karena sistem tubuh tak lagi  bekerja dengan baik seperti saat muda. Terapi atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipertensi pada lansia dapat dilakukan secara farmakologi atau non farmakologi. Terapi non farmakologi salah satunya adalah dengan melakukan gerakan Ling Tien Kung. Gerakan Ling Ting Kung adalah suatu terapi yang berpusat pada pelatihan anus, “empet-empet anus” dan “jinjit-jinjit”.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Penerapan Teknik Gerakan Ling Tien Kung Dalam Menurunkan Hipertensi Pada Lansia. Metode Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta latihan teknik gerakan Ling Tien Kung sasana Aryo Bebangah Sidoarjo sejumlah 52 orang, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sesuai dengan kriteris inklusi dan eksklusi, sehingga didapatkan 48 orang. Pengambilan data menggunakan observasi sebelum dan sesudah melakukan Terapi gerakan Ling Tien Kung selama dua bulan. Data diuji validitasnya menggunakan metode uji validitas product moment. Untuk mengetahui keabsahan menggunakan acuan r tabel = 0.285 (untuk N=48 responden).

Dari hasil uji validitas diketahui bahwa r hitung = 0.831 untuk N=48 responden), maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut valid dikarenakan r hitung > r tabel. Hasil penelitian  didapatkan nilai uji reliabilitas chi square sebesar x hitung = 6.68 dimana lebih besar dari pada nilai x tabel = 3.841 (untuk N=48 responden). Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik gerakan Ling Tien Kung berpengaruh terhadap penurunan kadar tekanan darah atau hipertensi pada responden.

Kata kunci : gerakan ling tien kung, hipertensi, lansia

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Nyna Puspita Ningrum. (2021). Teknik Gerakan Ling Tien Kung Dalam Menurunkan Hipertensi Pada Lansia. SNHRP, 571–577. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/92