Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e- Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan e-learning semakin sering digunakan pengajar dan sekolah seiring dengan perkembangan teknologi. Diyakini oleh banyak kalangan pendidik bahwa e-learning dapat membantu proses pemerataan pendidikan, membantu pengajar dalam mengajar, dan juga dapat melatih peserta didik mandiri dalam belajar. Akan tetapi dalam proses pelaksanaannya seringkali pengajar mendapatkan kenyataan bahwa hasil belajar peserta didik kurang sesuai dengan harapan, hal tersebut dialami oleh peneliti dimana hasil belajar Matematika di program studi Manajemen STIE Ekuitas masih kurang memuaskan. Berlatar belakang hal tersebut maka penelitian ini dilakukan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa pengetahuan awal penguasaan internet melalui nilai mata kuliah Aplikasi Komputer (Aplikom) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Sampel penelitian menggunakan 40 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Aplikom dan Matematika, pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linier sehingga dapat diketahui besar hubungan dan pengaruh dari pengetahuan awal penguasaan internet melalui nilai mata kuliah Aplikom terhadap hasil belajar Matematika. Berdasarkan pengujian diperoleh hasil bahwa pengetahuan awal penguasaan internet mempunyai hubungan yang lemah dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel nilai Aplikom dengan variabel nilai Matematika (Y).
Kata kunci : pengetahuan awal, e-learning, penguasaan internet, hasil belajar matematika
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.