Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e- Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Yunia Mulyani Program Studi Manajemen, STIE Ekuitas Bandung
  • Henny Suharyati Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Pakuan Bogor
  • Irwinda Firdana Amali Program Studi Teknologi Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan e-learning semakin sering digunakan pengajar dan sekolah seiring dengan perkembangan teknologi. Diyakini oleh banyak kalangan pendidik bahwa e-learning dapat membantu proses pemerataan pendidikan, membantu  pengajar dalam mengajar, dan juga dapat melatih peserta didik mandiri dalam belajar. Akan tetapi dalam proses pelaksanaannya seringkali pengajar mendapatkan kenyataan bahwa hasil belajar peserta didik kurang sesuai dengan harapan, hal tersebut dialami oleh peneliti dimana hasil belajar Matematika di program studi Manajemen STIE Ekuitas masih kurang memuaskan. Berlatar belakang hal tersebut maka penelitian ini dilakukan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa pengetahuan awal penguasaan internet melalui nilai mata kuliah Aplikasi Komputer (Aplikom) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Sampel penelitian menggunakan 40 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Aplikom dan Matematika, pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linier sehingga dapat diketahui besar hubungan dan pengaruh dari pengetahuan awal penguasaan internet melalui nilai mata kuliah Aplikom terhadap hasil belajar Matematika. Berdasarkan pengujian diperoleh hasil bahwa pengetahuan awal penguasaan internet mempunyai hubungan yang lemah dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel nilai Aplikom dengan variabel nilai Matematika (Y).

Kata kunci : pengetahuan awal, e-learning, penguasaan internet, hasil belajar matematika

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Yunia Mulyani, Henny Suharyati, & Irwinda Firdana Amali. (2021). Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e- Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika. SNHRP, 418–422. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/91