PKM Pada TK Wijaya Dan TK Kartika Dalam Menciptakan TK Ramah Anak Berbasis Teknologi Informasi
Abstract
Taman kanak-kanak, disingkat TK, adalah jenjang pendidikan anak usia dini (usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penekanan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengacu pada pembentukan TK ramah anak berbasis teknologi informasi. Beberapa pokok penting penekanan konsep TK ramah anak mengacu pada peremajaan sarana dan prasarana bermain anak didik, proses belajar mengajar yang berbasis teknologi, pemberdayaan tenaga pendidik TK dan komputerisasi system inventarisasi TK. Pemilihan lokasi kedua mitra PKM TK Wijaya dan TK Kartika Rungkut Kota Surabaya Jawa Timur selain akreditasi TK yang masih diperingkat C, sarana dan prasarana bermain anak tergolong kurang aman karena sudah lama tidak renovasi. Selain sarana dan prasarana bermain anak, masalah lain yang menjadi prioritas adalah sarana pembelajaran yang kurang menyentuh teknologi dimana tenaga pendidik masih mengajar secara konvensional. Masalah lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk menggunakan media social sebagai sarana informasi untuk masyarakat serta pengelolaan inventaris TK yang belum terkomputerisasi. Oleh karena itu pada jangka pendek diperlukan PKM yang dapat mengembangkan TK ramah anak berbasis Teknologi Informasi dan jangka panjangnya dapat mewujudkan Smart TK ramah anak.
Kata kunci : Taman Kanak-kanak, Smart TK, Sistem Inventaris TK, TK ramah anak, sarana dan prasarana TK.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.