Optimalisasi Jaringan Supply Chain Untuk Pos Pemadam Kebakaran Di Kawasan Industri SIER Surabaya

Authors

  • Indra Dwi Febryanto Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas PGRI Adi Buana
  • Prihono Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas PGRI Adi Buana

Abstract

Pengoptimalan jaringan supply chain tidak hanya diperlukan dalam industri manufaktur saja tetapi juga bisa diterapkan dalam menentukan lokasi pos pemadam kebakaran yang efektif dan efisien. Kegiatan merancang jaringan supply chain pos pemadam kebakaran sangat penting untuk dilakukan karena selama ini hampir di seluruh kawasan perindustrian di Indonesia belum terdapat pelayanan kondisi darurat yang sesuai, baik dalam jumlah sarana maupun pemerataan penyebarannya.

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengoptimalkan coverage dari pos pemadam kebakaran yang dijadikan sebagai alternatif. Untuk mengetahui area mana saja yang dapat dicover oleh pos pemadam kebakaran di kawasan industri SIER.

Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun metode analisis yang digunakan mempunyai fungsi tujuan yaitu  Memaksimalkan coverage dari Pos pemadam kebakaran. Luaran dari Penelitian ini nantinya akan diterbitkan ke dalam Jurnal Tibuana Unipa Surabaya.

Ada 5 pos pemadam kebakaran yang potensial di kawasan Industri SIER yaitu UPTD III, pos Kali Rungkut, pos Kepuh, pos Sukolilo, dan 1 pos baru. Masing-masing pos pemadam disimulasikan dengan bantuan program Solver Microsoft Excel untuk memaksimalkan jarak coverage pos pemadam dengan seluruh area SIER. Hasil penelitian Untuk jarak 100-800 meter 5 pos pemadam terpilih dengan total 64 area SIER tercover, Untuk jarak  900-1000 meter 4 pos pemadam terpilih dengan total 33 area SIER tercover, untuk jarak 2000 meter 3 pos pemadam terpilih dengan total 6 area SIER tercover, untuk jarak 4000-5000 meter 1 pos pemadam terpilih dengan total 20 area SIER tercover.

Kata kunci: coverage, jaringan, supply chain, solver

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Indra Dwi Febryanto, & Prihono. (2021). Optimalisasi Jaringan Supply Chain Untuk Pos Pemadam Kebakaran Di Kawasan Industri SIER Surabaya. SNHRP, 341–346. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/89