Analisis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review
Keywords:
Pembelajaran Matematika; Bangun Ruang; Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran matematika materi bangun ruang di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk Systematic Literature Review (SLR). Subjek penelitian dalah berupa atikel jurnal nasional yang dikumpulkan dari electronic database yang terdaftar dan diindeks oleh Google Scholar yang dipublikasi pada rentang tahun 2019-2023. Teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Data yang dikumpulkan studi- studi primer yang sudah dijadikan artikel jurnal nasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif banyak digunakan sebagai pendukung pembelajaran matematika dan menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar.
Downloads
References
Adrian, Q. J., & Ambarwari, A. (2020). Perancangan Buku Elektronik Pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Jurnal SIMETRIS, 11(1), 171– 176.
Alyusfitri, R., Sari, S. G., Jusar, I. R., & Pratiwi, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 302–311.
Anugrah, W. R., Sukmawati, & Baharullah. (2022). Profil Kemampuan Memahami Konsep Bangun Ruang pada Anak Tunarungu Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(5), 8952–8958. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3976 ISSN
Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83–98.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayaraka, 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(76), 168–175.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39– 52.
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura J. Math. Educ, 1(2), 83–89.
Dwi, R., & Puspita, R. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.
Erfan, M., & Maulyda, M. A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Game Android. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(November), 418–427.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 40–47.
Khairin, U., & Ariani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Softwere Blender Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14317–14322.
Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V SD/MI. Journal of Elementary Education, 03(05), 259–267.
Khotimah, S. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55.
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(1), 141–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika : Suatu Kajian Pustaka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD, 8(5), 893–903.
Munadah, R., Rahayu, P. S., Pranandari, E., Jukia, F., & Rosdianti, V. (2021). Penerapan Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang di Kelas V SD 006 Rambah Samo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 46–56.
Mursyidah, D., & Saputra, E. R. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 4(1), 2746–5675.
Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522
Pramestika, L. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2(1), 110–114.
Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65–74.
Putro, P. C., Setyadi, D., No, J. D., & Tengah, J. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131–142.
Rudiyana, Kuswandi, S., & Nurzaman, D. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep SDN Mekarjaya I Kecamtan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum Dan Ilmiah), 190–201.
Saputro, P. A., & Lumbantoruan, J. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 1(1), 35–49.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244.
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education., 3(3), 344–350.
Wahdah, N., Sukirwan., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggkonstruksian Volume Bangun Ruang. Jurnal Elementary, 3(2), 76-81.
Wahyuni, S. F., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah Bayan. Journal On Teacher Education, 4(1), 395–404.
Wildan, A., Suherman, & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL ( Game Edukasi Wordwall ) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1623–1634.
Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.