Pendampingan Guru Dalam Mengimplementasikan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Tahap Research Lesson dan Lesson Discussion Dalam Sistim LSLC

Authors

  • Yanti Rosinda Tinenti Pendidikan MIPA/Pendidikan Kimia, Fakultas KIP,UNWIRA –Kupang-NTT
  • Hironimus Tangi Pendidikan MIPA/Pendidikan Kimia, Fakultas KIP,UNWIRA –Kupang-NTT
  • Anselmus Boy Baunsele Pendidikan MIPA/Pendidikan Kimia, Fakultas KIP,UNWIRA –Kupang-NTT
  • Hildegardis Missa Pendidikan MIPA/Pendidikan Biologi, Fakultas KIP, UNWIRA –Kupang-NTT

Abstract

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMPK Sint Vianney yang beralamat di JLN. I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kota Soe Kabupaten TTS, Provinsi NTT, dan merupakan kelanjutan dari kegiatan PKM yang berjudul “Pemberdayaan guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP pada tahap  Lesson Plan dalam sistim LSLC”.  PKM ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi masalah di sekolah mitra berupa implementasi proses pembelajaran di kelas yang selama ini dilakukan secara individu oleh guru sehingga masalah dalam proses pembelajaran belum teridentifikasi dengan baik, dan solusinya belum didiskusikan dan diselesaikan secara bersama. Hal yang dilakukan dalam PKM ini adalah mendampingi guru IPA di sekolah mitra untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang memenuhi standar proses, dan instrumen penilaian aspek pengetahuan berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi/hight order thingking (HOT), serta instrumen penilaian aspek keterampilan yang memenuhi standar penilaian. Adapun perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian tersebut telah dikembangkan oleh guru dalam tim, pada tahap Lesson Plan. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah 5 orang guru IPA di sekolah mitra telah berhasil mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, seluruh aspek dalam proses pembelajaran dapat dinilai dengan instrumen yang valid dan sesuai dengan standar penilaian, setiap guru mendapat kesempatan untuk berperan sebagai guru model, maupun sebagai pengamat untuk teman guru yang lain. Dengan demikian perbaikan dan solusi terhadap masalah dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan model yang digunakan serta aktivitas siswa dapat didiskusikan dan dicari solusinya secara bersama dalam tim dan proses pembelajaran selalu diperbaiki secara berkesinambungan.

Kata kunci : LSLC, Research Lesson, Lesson Discussion.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Yanti Rosinda Tinenti, Hironimus Tangi, Anselmus Boy Baunsele, & Hildegardis Missa. (2021). Pendampingan Guru Dalam Mengimplementasikan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Tahap Research Lesson dan Lesson Discussion Dalam Sistim LSLC. SNHRP, 176–194. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/87