Penguatan Posdaya Mitra Universitas Trilogi Menuju Masyarakat Yang Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan

Authors

  • Ludwina Harahap Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trilogi Jakarta
  • Efendri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trilogi Jakarta

Abstract

Terwujudnya sustainability environmental (lingkungan yang berkelanjutan) menjadi harapan semua masyarakat, sehingga partisipasi dan kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan.  Kesadaran masyarakat terhadap sustainability environment masih belum maksimal. Menurut United Nations sustainability environment dapat tercipta melalui comprehensive environmental, economic, and equitable sustainability emphasizes the interconnectedness of environment, economy, and equity (United Nations), atau adanya keterkaitan antara lingkungan, ekonomi dan kesetaraan dalam kehidupan masyarakat. Menyadari pentingnya menciptakan lingkungan yang berkelanjutan agar tercapainya kualitas hidup manusia saat ini dan masa depan maka diperlukan adanya kegiatan atau upaya nyata. Merubah perilaku masyarakat untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan aktif melakukan kegiatan yang mendukung terciptanya sustainability environmental dapat ditingkatkan melalui himbauan, sosialisasi, pelatihan, pendampingan kepada masyarakat.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat melalui penguatan kegiatan yang ada dalam masyarakat dan pengayaan materi dan informasi kepada pengurus lembaga masyarakat seperti posdaya. Program pengabdian pada masyarakat dilaksanakan selama 3 bulan dimana diisi dengan kegiatan penyuluhan/sosialisasi, pelatihan/workshop, pendampingan dan monitoring oleh Dosen Universitas Trilogi dalam bidang pendidikan, dan ekonomi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan memberikan dampak yang cukup berarti terhadap kesadaran masyarakat pentingnya menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan dimulai dari sejak masa anak-anak (anak usia dini) sampai dengan usia lanjut.

 Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Sustainability Environmental, Empowerment

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Ludwina Harahap, & Efendri. (2021). Penguatan Posdaya Mitra Universitas Trilogi Menuju Masyarakat Yang Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan. SNHRP, 145–155. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/85