Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Produk Makanan Baru Dari Bahan Sayur dan Pemasaran On-Line Pada UMKM Pengolahan Makanan Bahan Sayur

Authors

  • Ludfi Djajanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Anik Kusmintarti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rokhimatul Wakhidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Siti Amerieska Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triesti Candrawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Andi Asdani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

UMKM, Pengembangan Produk, Pemasaran online

Abstract

Pengembangan sektor ekonomi di desa Duwet yang salah satunya ditunjang dengan adanya UMKM pengolahan makanan bahan sayur yang saat ini menjadi produk yang diharapkan dapat dikembangkan karena mempunyai potensi dan peluang usaha yang sangat baik. Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan pada UMKM ini adalah untuk membantu memecahkan permasalahan utama antara lain yaitu belum adanya pengembangan atau diversifikasi produk dan mutu yang kurang terjamin, tidak diterapkan fungsi manajemen usaha, belum adanya pencatatan pembukuan keuangan,  jenis produk yang dihasilkan hanya dua macam saja, dan produk yang dibuat sesuai dengan selera sendiri dan tanpa disertai merk sehingga kurang menarik konsumen, serta kegiatan promosi juga hanya mengandalkan dari mulut kemulut saja. Solusi yang diberikan meliputi memberikan pelatihan dan pendampingan dalam diversifikasi produk sesuai selera konsumen, memberikan bantuan mesin dan peralatan yang menunjang proses produksi, melatih bidang manajemen usaha dan cara melakukan pencatatan pembukuan keuangan dan cara mendesain beberapa model keemasan, pelabelan, dan merk untuk hasil produk yang akan dijual agar lebih menarik. Selain itu juga melatih pengembangan penjualan dan promosi yang efektif melalui pemasaran secara online dan melalui beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X).

Djajanto, Ludfi, Afiatin, Y., & S. (2019). The Impact of Product Differentiation on Customer Satisfaction and Loyalty. Proceeding 3rd Asia International Multidiciplinary Conference (AIMC) 2019, 1-2 May, Johor Bahru, Malaysia.

Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1). https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3641

Khairil, H., & Dorris, Y. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai PeluangKaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. DINAMISIA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(special issue), 110–116.

Nugroho, F. E. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE STUDI KASUS TOKOKU. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2). https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia (3rd ed.). LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Prasetia, V., Ainur Rafiq, A., Dwi Riyanto, S., Negeri Cilacap Jl Soetomo No, P., & Kab Cilacap, S. (2019). PENINGKATAN PROSES PRODUKSI PADA UMKM MAKANAN DI DESA MAOS LOR, KECAMATAN MAOS, KABUPATEN CILACAP (IMPROVING THE PRODUCTION PROCESS IN FOOD UMKM IN MAOS LOR VILLAGE, MAOS, KABUPATEN CILACAP). Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1).

Tumbage, S. M. ., Tasik C.M, F., & Tumengkol, S. M. (2017). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Allude Kecamatan Kolongan Kabupaten Talaud. Acta Diurna, VI(2).

Wijayanti, T., & Lestari, P. B. (2017). IbM-PENDAMPINGAN USAHA KERUPUK RUMAHAN DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1280

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Djajanto, L. ., Kusmintarti , A. ., Wakhidah , R. ., Amerieska , S. ., Candrawati , T. ., & Asdani , A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Produk Makanan Baru Dari Bahan Sayur dan Pemasaran On-Line Pada UMKM Pengolahan Makanan Bahan Sayur. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 2316–2322. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/808