Penerapan Pojok Baca Sebagai Pendukung Program Literasi
Keywords:
Pojok Baca, Literasi, Gerakan Literasi Sekolah (GLS)Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan atau keterampilan dalam memperoleh kualitas yang lebih baik pendidikan dengan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Pentingnya literasi di SD sekolah yang sesuai dengan kondisi pendidikan di Indonesia, dimana pendidikan memperkokoh literasi kegiatan sebagai dasar pemahaman siswa sekolah dasar. Dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Literasi Sekolah Gerakan (GLS) merupakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui menjadikan sekolah sebagai organisasi yang berperan partisipatif dalam membentuk generasi literat. Mendukung gerakan literasi sekolah, yaitu dengan menerapkan sudut baca sebagai pendukung gerakan literasi program literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sudut baca sebagai penunjang program literasi di SDN Sidokepung 01 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah terstruktur observasi dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan peneliti diyakini benar-benar ada melakukan penelitian langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sudut baca sebagai pendukung gerakan literasi di kelas IV A dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran memperoleh hasil yang sangat baik. Penerapan sudut baca mendukung gerakan literasi dan minat baca siswa dapat tertanam dari kegiatan pembiasaan yang dilakukan seperti melaksanakan antusias kegiatan pojok baca, mengunjungi pojok baca, membaca 15 menit, tanya jawab, dan membaca buku sesuai kebutuhan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Downloads
References
Albani, A. (2021). Upaya Membangun Minat Membaca Melalui Program Beraksi (Berugak Literasi) di SMP Islam Musthofa Kamal. Jurnal at Tadbir: Journal of Islamic Education Management (IEM), 5(1). https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.122
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e- journal.id/JENFOL/article/view/403
Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506
Kastro, A. (2020). Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887
Mulyo Teguh. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, Vol.
No. 07/07/2022
Nafilah, I., Rokhayati, R., & Agustin, Y. (2020). Literasi dan Pembuatan Blog pada Guru SDN Cipayung 04 Pag. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4112
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Palupi, A. N. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.