Systematic Literature Review: Media Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, IPA, Media Interaktif, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur. Yang mengkaji tentang penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada siswa di sekolah dasar. Tuntunan proses pembelajaran semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman. Dan guru diharapkan untuk dapat menginovasi pembelajaran dengan menyisipkan teknologi dalam proses pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih mudah memahami pembelajaran sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran merupakan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh seseorang untuk mempermudah dalam penyampaian materi ketika proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dibutuhkan pada era ini yaitu media pembelajaran berbasis digital yaitu dengan materi pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dari 15 Artikel. Data sekunder merupakan data yang diperoleh tidak secara pengalaman langsung, tetapi hanya dari hasil penelitian terlebih dahulu. Data sekunder yang dimaksud adalah jurnal ilmiah yang sudah dipublikasi
Downloads
References
Anggraeni Wulan Sri, Alpian Yayan, Prihamdani Depi, Winarsih Euis, (2021), Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 5 (6), 5313-5327.
Aryulia. Sistem Pakar Analisa Penyakit Ikan Lele Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus Kelompok Tani Karya Mandiri). (Online) (http://journal.stekom.ac.id/index.php/Jurna lMhs/article/download/62/56, diakses 7 Oktober 2019).
A.Riyadina, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Mandarin Dasar Menggunakan Macromedia Flash 8”, Skripsi S-1 Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.
Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development Of Web-Based Learning Using Interactive Media For Science Learning On Levers In Human Body Topic. Journal Of Science Learning, 3(August 2019), 89–98. Https://Doi.Org/10.17509/Jsl.V3i2.19366
Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan 10(2), 160–174. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/21788
D.A. Pratiwi, “Biologi untuk SMA kelas XI”, Jakarta: Erlangga, 2020.
Dewi, N. P. A. S., Ganing, N. N., & Putra, D. B. K. N. S. (2022). E-Comic Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Muatan IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45204
Diana Dwi Lestari, Ida Sulistyawati, & Imas Srinana Wardani. (2022). Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Sekolah Dasar. JISPENDIORA : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 01–05. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.27
Dwi Rosyidatul Kholidah, Choerul Anwar Badruttamam, & Anis Ulfiyatin. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Tingkat Dasar (Sd/Mi/Sdit) Dengan Memanfaatkan Limbah Sampah (Kardus) Untuk Meteri Sistem Pencernaan Manusia. Ta’Awun, 1(01), 37–42. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i01.180
Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis Dan Komputasi : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V9i2.19040
Fitriyaningsih, N., Agustini, F., & Priyanto, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Pencernaan Manusia” Berbasis Android Pada Pembelajaran Ipa Materi Organ Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Tahun, 1(2), 1.
Garini, A. W., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Penggunaan Media Berupa Digital Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191.
Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974
Irawan, Y. (2020). APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN TUBUH MANUSIA DENGAN MENERAPKAN AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci). Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 102–106. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss2.173
Lestari, D. D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Sekolah Dasar. Seminar Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 966–972. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/419%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/419/362
Motivasi, M., Hasil, D., Peserta, B., & Sd, D. K. V. (2022). belantika Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk. 5(20), 77–88.
Prafitasari, F., Sukarno, & Muzzazinah. (2021). Integration Of Critical Thinking Skills In Science Learning Using Blended Learning System. International Journal Of Elementary Education, 5(3), 434–445.
Prakoso, K. S., Wijayanti, A., & Purnamasari, V. (2020). Pengembangan Media “Spiderman” Sistem Pencernaan Pada Manusia Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 4(2), 101. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.101-107
Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841
Rahayu, R. E. G., Fitriani, L., & Hambali, C. I. (2022). Rancang Bangun Teknologi Augmented Reality pada Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Algoritma, 18(2), 473–481. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.963
Syarifuddin, F., Purnawansyah, P., & Irawati, I. (2020). Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.518
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Tamara, M. F., Tulenan, V., & Paturusi, S. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.