Pentingnya Penerapan Rasa Cinta Tanah Air Bagi Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Cinta Tanah Air, Sekolah Dasar, PenerapanAbstract
Rasa cinta kepada tanah air sangat penting dan harus ditanamkan kepada generasi muda penerus bangsa. Kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin berbuat sesuatu yang mengharumkan nama tanah air dan bangsa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menerapkan rasa cinta terhadap tanah air pada anak sekolah dasar. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi literatur terhadap pendapat para tokoh dan mengkaji jurnal yang terkait dengan materi. Cinta tanah air bukan untuk dihafal, tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan. Pastinya dengan menerapkan rasa cinta terhadap tanah air, maka bisa memberikan manfaat untuk siswa sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menanamkan sikap cinta tanah air dapat mencegah perpecahan di kemudian hari, karena cinta tanah air adalah suatu perasaan yang timbul dari hati seseorang.
Downloads
References
Hani, N. A. (2019). Upaya Penanaman Karakter Cinta Tanah Air.
Kemendikbud. (2014). Bangga Sebagai Bangsa Indonesia.
Kusuma, Wijaya. (2017). Cinta Tanah Air. Yogyakarta: Familia. Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Silviana, Erita. (2023). Pentingnya Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Siswa SD. (Online). https://www.kompasiana.com/ersitasilviana56307/608cca738ede4825203562662/pe ntingnya-menanamkan-sikap-cinta-tanah-air-pada-siswa-sd.
Abdatisyah, K., Chairunissa, C., Naqiyyah, R., Anggraeni, D. D., & Furnamaisa, Y. F. (2021). Pengembangan Sikap Cinta Tanah Air untuk Anak Sekolah Dasar dalam Memajukan Kualitas Bangsa. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.198
Irma, R. (2020). Analisis Sikap Cinta Tanah Air Dalam Pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.