Pembelajaran Pada Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Authors

  • Siti Sarah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Asesmen; Sumartif; Formatif

Abstract

Penilaian   merupakan   bagian   yang terpenting   dalam proses   belajar   mengajar. Penilain adalah proses   untuk menentukan nilai siswa.  Tentunnya setiap   proses   pembelajaran memerlukan   asesmen   untuk   memastikan tercapainya tujuan pembelajaran. Penilaian yang dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran adalah penilaian formatif dan sumatif. Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk memahami esensi Kurikulum Merdeka, termasuk bagaimana melakukan penilaian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.  Metode yang digunakan adalah deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pengertian, tujuan, fungsi dan perbedaan antara penilaian sumatif dan formatif. Hasil penilaian formatif biasanya digunakan untuk menentukan dasar perbaikan dalam proses pembelajaran dari unit/kompetensi yang sedang dipelajari dan tidak digunakan sebagai penilaian rapor. Sementara Penilaian sumatif biasanya dilakukan pada akhir proses kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Summative Assessment and Formative Assessment of Online Learning. Report of Biological Education, 2(1), 1-10.

Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 33-46.

Saragih, D. K., & Mijianti, Y. (2022). Pelaksanaan Evaluasi Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMAN 1 Kalisat Jember. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 155-166.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, July). Inovasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 575-580).

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Sarah, S. . (2023). Pembelajaran Pada Asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 2133–2139. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/788