Preferensi Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Terhadap Peningkatan Entrepreneurship Menggunakan Metode Conjoint
Keywords:
Preferensi Mahasiswa; Entrepreneurship; Metode Conjoint.Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Analisis Preferensi Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Terhadap Peningkatan Entrepreneurship Menggunakan Metode Conjoint. Populasi untuk penelitian ini merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Batam yang telah menerima mata kuliah kewirausahaan, dengan sampel sebanyak 382 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini, yaitu menggunakan metode purposive sampling . Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan secara online serta secara langsung kepada responden. Analisis data digunakan adalah analisis conjoint dengan metode Full Profile. Temuan hasil penelitian ini adalah pada bagian atribut faktor internal yang menjadi level atribut paling utama dalam peningkatan entrepreneurship adalah kepercayaan diri dan motivasi sebagai level atribut paling rendah. Pada bagian atribut faktor eksternal menjadikan lingkungan pendidikan sebagai preferensi level atribut tertinggi dan lingkungan masyakat sebagai preferensi terendah. Sedangkan pada bagian atribut faktor emosional menjadiakan perasaan senang/puas sebagai preferensi level atribut tertinggi dan perasaan tidak senang/tidak puas sebagai preferensi terendah.
Downloads
References
Alma, Buchari. (2018) Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta,
Ahmad, Syed Zamberi., Xavier, Roland Siri., Bakar, Abdul Rahim Abu. (2013) Examining Entrepreneurial Intention Through Cognitive Approach Using Malaysian GEM Data. Journal of Organizational Change Management, 27(3): h:449-464.
Drucker, P. (1996). Inovasi dan Kewiraswastaan Praktik dan Dasar. Jakarta,Erlangga Hair, JF. et al. 1998. Multivariate Analysis Fifth Edition, New Jersey: Prentice-Hall International.
Habib, Muhammad Farid Al., Rahyuda, I Ketut. (2015) Pengaruh Efikasi Diri, Kebutuhan akan Prestasi, dan Keberanian Mengambil Risiko Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(9): h:2618-2646.
Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Jurusan Manajemen, Proceeding PESAT, Volume 5 ISSN: 1858-2559
Kotler, Philip & Keller, L. Kevin. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Person Education, Inc.
Oktarilis, Shabrina N. 2012. Pengaruh Faktor -Faktor Yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Gunadarma
Periyadi, P. Junaidi (2019). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan (UNISKA)
Poornima M Charantimath (2011), Entrepreneurship Development and Small Business Enterprise, p. 44, Pearson EducationIndia, New Delh
Pratiwi, Y. (2016). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, Volume 5, No. 8, h:5215-5242.
Putri, Widya W (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa untuk berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha . jurnal pendidikan ekonomi Undiksha , Volume 9 No.1., hal 137-148.
Sandhu, M. (2010). Entrepreneurship Barriers and Entrepreneurial Inclination among Malaysian Postgradulate Students. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Volume 17 No.4, h: 428-449.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryana, Y (2011) Pendekatan Kareteristik Kewirausahaan Sukses. Jakarta, Prenada Media Group
Tama, A. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Memotivasi Mahasiswa. Jurnal Universitas Diponogoro, Volume 2, No.6, h:20-32.
Tuker, D. Selcuk (2009). Which Factors Affect Entrepreneurial. Journal of European Industrial Training, Volume 33, No.22, h: 142-159. Poornima M Charanti
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.