Penggunaan Media Loose Part Dalam Memberikan Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
Media Loose Part, Pembelajaran PAUD, Motorik HalusAbstract
Keterampilan motorik halus sebagai dasar untuk anak dalam membantu mengembangkan kemampuan menulis. Hal ini berdasarkan pada standar pencapaian kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun yaitu kemampuan serta kelenturan dalam menggunakan jari untuk mengeksplorasi. Stimulasi tersebut dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran yang berfokus dengan koordinasi gerakan mata serta tangan juga perkembangan otot jari dan pergelangan tangan. Oleh karena diperlukan pengembangan kegiatan motorik halus menggunakan benda-benda di lingkungan sekitar dalam bentuk media loose part (lepasan) yang mudah ditemukan. Bentuk media loose part yang bisa dimanfaatkan antara lain bebatuan, ranting-ranting kecil, daun kering, tanah yang aman digunakan dalam pembelajaran anak usia dini.
Downloads
References
Affrida, Ervin Nurul. (2018) Model Pembelajaran Literasi Dasar dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Wahana, 70 (2).
Annisa, MFPCW., Febriastuti, Rizky. (2021). Implementasi pendekatan Pembelajaran STEMA Berbahan Loose Parts dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol.2 No.2, pg 118-130.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Decaprio, R. (2017). Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Yogyakarta: DIVA Press.
Fadhilah, AN. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, pg 182-190.
Hadianti, Siti Maryam dkk. (2021). Analisis Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia Vol.5 No.2 https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920
Moleong, L.J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prameswari, TW., Lestariningrum, A. (2020). STEMA Based Learning Stratgeis by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills Children 4-5 Years. Jurnal Efektor. Vol.7 No.1 pg.24-34
Permendikbud No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak (Vol.1). Jakarta: Erlangga.
Uyu, & Mubiar. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.