Pentingnya Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Berdasarkan Kajian Islam
Keywords:
Pendidikan Karakter; Kajian Islam; Implementasi Pendidikan karakterAbstract
Pembentukan karakter merupakan faktor penting dalam membentuk kepribadian dan nilai moral seseorang. Dalam konteks ini, pendidikan karakter berbasis kajian Islam memiliki peran khusus dalam membangun generasi yang berkepribadian muslim yang kuat dan mengedepankan nilai-nilai agama. Artikel ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar berbasis kajian Islam. Artikel ini menyajikan beberapa alasan mengapa pendidikan karakter berbasis studi Islam penting dilakukan di sekolah dasar. Islam sebagai agama memberikan landasan moral yang kokoh dengan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, kesabaran, pertolongan, dan kasih sayang. Pendidikan karakter berbasis kajian Islam bertujuan untuk membentuk akhlak yang mulia. Melalui ajaran Islam, siswa belajar menghargai diri sendiri, menunjukkan empati, kejujuran, disiplin dan tanggung jawab. Artikel ini membantu mereka untuk menjadi individu yang baik dan berbakti kepada Tuhan, keluarga dan masyarakat. Pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai agama dan akhlak membantu peserta didik untuk mengembangkan kepribadian muslim yang tangguh, berakhlak mulia serta berjiwa kemasyarakatan dan akhlak yang tinggi. Akibatnya, generasi muda akan menjadi individu yang bertanggung jawab yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan hidup sesuai dengan ajaran Islam.
Downloads
References
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Globalisasi. 264-271.
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1-17. Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 171-186.
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. 242-261.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.