Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembeliann (Studi Kasus Gerai Mixue Gayungsari)
Keywords:
Viral Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap keputusan pembelian pada Gerai Mixue Gayungsari. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan memudahkan konsumen dalam memperoleh informasi yang cepat dengan waktu yang singkat atas produk yang mereka gunakan. Viral Marketing dapat membantu perisahaan untuk memperkenalkan produk secara efektir dan cepat. Namun, perusahaan yang sudah melakukan promosi tetapi tidak memiliki kekuatan merk maka akan membuat konsumen kurang yakin terhadap produk yang di promosikan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang baik untuk mendaparkan kesadaran merk dari suatu produk atau jasa. Kesadaran merk (Brand Awarness) berperan penting dalam mempengaruhu keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden menggunakan metode kuesioner dengan penilaian skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 22. Analisis data yang dipakai adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, Uji t, dan Uji F. Hasil.penelitian menunjukkan bahwa : 1) Viral Marketing berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian di Gerai Mixue Gayungsari. 2) Brand Awarness berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian di Gerai Mixue Gayungsari.
Downloads
References
Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press. Malang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (15th Ed). Pearson Practice Hall. New. Jersey.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Salemba Empat. Jakarta.
Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Junal Bisma (Bisnis Dan Manajemen), Vol 11(1), 62.
Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, Vol 9.
Nggilu, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Viral Marketing, Celebrity Endorsement dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), Vol 2(1), 2691–2700.
Purba, R. S. (2016). Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Line Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Telkom University Pada Tahun 2016). E-Proceeding of Applied Science, Vol, 2, 1–23.
Schiffman, & Kanuk. (2015). Customer Behavior (11 th Edit). Pearson Education Limited. England.
Sitompul, S. S. (2019). Model Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone Pada Asia Ponsel Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), Vol 2(2), 322–334.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Widjaja, Y. R., & Alexandra, R. (2019). The Impact of Viral Marketing on Consumer Interest on Indihome Product. Jurnal Apresiasi Ekonomi, Vol. 7(1), 103–107.
Windadi, J. S. (2017). Hubungan Word of Mouth dengan Brans Awareness Teh Kotak. Jurnal E-Komunikasi, Vol 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.