Pengaruh Media Sosial Terhadap Budaya Organisasi Dan Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi Swasta Di Gorontalo

Authors

  • Abd. Rahman Danial Universitas Gorontalo
  • Meimoon Ibrahim Universitas Gorontalo
  • Deby R. Karundeng Universitas Gorontalo

Keywords:

Kinerja Dosen, Media Sosial, Budaya Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh penggunaan media sosial terhadap budaya organisasi, (2) pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja dosen, (3) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta & (4) pengaruh media sosial terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta di Gorontalo melalui budaya organisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 orang sampel. Analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial (SEM PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo. (2) Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo. (3) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo (4) Media sosial melalui budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo. Hal ini menunjukan bahwa budaya organisasi mampu untuk meningkatkan pengaruh Media sosial terhadap Kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo (Budaya organisasi mampu menjadi mediasi yang baik)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R., & Wardhana, A. (2016). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 24-32.

Ahmad Alawamleh Mustafa, H.A. (2020). The Influence of Social Media on Organisational Performance and Job Performance. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 13, Issue 12, 2020.

Alalwan, A.A., Dwivedi, Y.K., Rana, N.P. and Williams, M.D. (2016), “Consumeradoption of mobile banking in Jordan”, Journal of Enterprise InformationManagement, Vol. 29 No. 1, pp. 118- 139.

Al-Rasyid, H. (2013). Statistika Sosial. Bandung: Program Pascasarjana. Universitas Padjadjaran. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arslan, Muhammad. (2014). Impact of Social Media on Organizational Culture: Evidence from Pakistan. Muhammad Arslan Journal.Vol.4, No.21.

Davis, G. B. (2019). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Eko Widodo, Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahmi, Irham. (2014). Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung: Alfabeda Gudomo. (2017). Teori Organisasi Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi

Hafidhah, Arifin, Herli. (2020). Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Pendidikan Tinggi. Jurnal Serambi Ilmu. Vol. 21, No. 1, 1693-4849.

Haidar Rizki Suaiba, Julie Abdullah, Moh. Afan Suyanto, D. R. K. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. Jimea, 5(3), 1545–1568.

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah danPengalaman- pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Helianthusonfri, Jefferly. (2021). Belajar Social Media Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: Grasindo.

Ibrahim, M. (2016). Effects Of Competence On Lecturers’ Performance At Private Higher Education Institutions In Gorontalo Province, Indonesia. Journal of Design, Art and Communication, Special Edition, 3226–3234.

Irmayanthi & Surya. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Quality Of Work Life Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan.E-Jurnal Manajemen.Vol. 9, No. 4, 2020 : 1572-1593.

Kaswan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis (Konsep, Sejarah, Model, Strategi, dan Kontribusi SDM. Yogyakarta: Andi.

Marbun, Juliandi, & Effendi. (2020). The Effect of Social Media Culture and Knowledge. Budapest International Research and Critiscs Institute Journal. Vol. 3, No 3, 2513-2520.

Marsal dan Hidayanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kinerja di Lingkungan UIN Suska Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa. Vol. 4, No. 1, Februari 2018, Hal. 91- 98.

Mooduto YS, Paramata Moh. Rolli, Korundeng Deby R. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Pengetahuan dan Keterampilan terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.No.1, Hal. 3214-3221.

Mulyaningsi, dkk. (2020). Inovasi dan Manajemen Pengetahuan untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul. Bandung: Refika.

Nilasari, Medina. (2020). The Impact of Social Media on Employee Work Performance with Trust as a Mediation Variable. E-JM Journal. Vol. XXIV, No. 02, 298-312.

Novialumi. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen. Vol. No.01. Hal : 43-51. 2087-0434.

Ramawela & Chukwuere. (2020). Cultural influence on the adoption of social media platforms by employees. Cultural influence on the adoption of social media platforms by employees Journal. Vol.12, No.3.

Ramayulis & Mulyadi. (2017. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kalam Mulia

Regen, Ronal, dkk. (2018). The Influence Of Organizational Culture, Motivation And Job Satisfaction On Employee Performance. Journal of Educational and Learning Studies. Vol.4, No.2, 2021, pp. 145-153.

Riduwan, A. (2007). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rijanto dan Mukaram. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di Divisi Account Executive PT Agrodana Futures). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. Vol. 4, No. 2, 2460-8211.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo. Silalahi, Ulber. (2017). Asas-asas Manajemen. Bandung: Reflika Aditama.

Sinambela, Poltak, Prof. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja). Jakarta:Bumi Aksara.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Penerbit Kencana.

Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sudarman, Perizade, Widiyanti. (2019). The Impact Of Organizational Culture And Transactional Leadership Style On Employee Performance In Pt. Pegadaian (Persero) Office Region III Palembang. International Journal of Scientific and Research Publications. Volume 9, Edisi 8, 232, 2250-3153.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunjoyo, dkk. (2013). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset, Bandung: Alfabeta.

Taufiq, A. M. (2019). Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Danial, A. R., Ibrahim, M., & Karundeng, D. R. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Budaya Organisasi Dan Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi Swasta Di Gorontalo. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1942–1953. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/765