Perancangan Strategi Digital Marketing Umkm Kuliner

Authors

  • Krisna Yolanda Magdalena Sinaga Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Mariana Simanjuntak Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Digital marketing, UMKM, SOSTAC

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan produk UMKM kuliner Tobato Snacks, Tobatos Chips, dan Mauas Madu kepada masyarakat guna meningkatkan keuntungan bagi ketiga UMKM. Penelitian ini menerapkan pendekatan mixed-methods dengan pembagian kuesioner kepada 100 responden yang berkaitan dengan UMKM Tobato Snacks, Tobatos Chips, dan Mauas Madu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SOSTAC untuk memperoleh strategi yang tepat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa posisi ketiga UMKM pada matriks IE berada di sel I dengan strategi pengembangan pasar dan berada di kuadran I matriks grand strategy dengan strategi SO. Strategi yang diimplementasikan pada UMKM Kuliner ini adalah promosi melalui media sosial dan e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M., V. S.-J. M. dan, & 2022, U. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Dusun Gunung Batu, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jurnal.Umitra.Ac.Id. http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JMB/article/view/761

Athfal, M., Wulandari, S., & Aurachman, R. (2022). Perancangan Strategi Digital Marketing pada Produk Bumbu Instan Noeya Menggunakan Metode Sostac. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(2), 137. https://doi.org/10.20961/performa.21.2.56412

Elisabet, L., Lestari, C., Rianita, D., & Sari, P. (2021). Analisis Strategi Bersaing UMKM Menggunakan Formulasi Matriks Manajemen Strategis. Hasil Penelitian Business Management Journal, 17(2), 101– 115. https://doi.org/10.30813/bmj.v persen vi persen i.2517

Garrido-Moreno, A., García-Morales, V., King, S., & Lockett, N. (2020). Social Media use and value creation in the digital landscape: a dynamic-capabilities perspective. Journal of Service Management, 31(3), 313–343. https://doi.org/10.1108/JOSM-09-2018-0286

Green, E. J., Buchanan, G. M., Butchart, S. H. M., Chandler, G. M., Burgess, N. D., Hill, S. L. L., & Gregory, R. D. (2019). Relating characteristics of global biodiversity targets to reported progress. Conservation Biology, 33(6), 1360–1369. https://doi.org/10.1111/cobi.13322

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Magdalena Sinaga, K. Y. ., & Simanjuntak, M. . (2023). Perancangan Strategi Digital Marketing Umkm Kuliner. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1861–1875. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/758