Strategi Penguatan Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
Keywords:
Strategi pembelajaran; pembelajaran Bahasa Indonesia; Kurikulum MerdekaAbstract
Perubahan kurikulum yang terjadi tentunya tidak terlepas dari perkembangan zaman yang semakin maju dan serba digital. Hal tersebut menjadi suatu tuntutan bagi dunia pendidikan untuk terus melakukan perancangan kurikulum guna memperbaiki pembelajaran yang lebih berkualitas. Pada kurikulum merdeka ini, materi pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lagi berpacu dengan jenis teks, melainkan peserta didik diarahkan untuk memliki kemampuan keterampilan berbahasa, seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu juga, terdapat perbedaan pada pola ajar dan penilaian dengan kurikulum sebelumya. Hal tersebut tentunya melahirkan tantangan baru bagi guru dan dan peserta didik untuk mencapai keberhasilan penerapan kurikulum merdeka. Maka dari itu, diperlukan strategi atau langkah-langkah untuk menerapkan kurikulum merdeka demi mencapai tujuan pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk strategi yang dapat dilakukan dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Indoesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu berupa data yang diperoleh dari berbagai referensi seperti buku, artikel, dan jurnal artikel ilmiah yang telah terpublish dan memiliki kerelevansian dengan materi yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa srategi yang dapat dilakukan sebagai langkah penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII adalah (1) menyusun perencanaan pembelajaran; (2) Pembinaan dan pengembangan kemampuan literasi pembelajaran Bahasa Indonesia dan (3) menggunakan model pembelajaran pedagogie genre.
Downloads
References
Anggraini, H., dkk. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kamous Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64-67.
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(12), 74-80.
Joyo, A.. (2018). gerakan literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia berbasis kerifan lokakl ,menuju siswa berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 159-170
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ Diakses pada 29 Juni 2023.
Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kaian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1-10.
Manalu, J., B., Sitohang, P., & Turnip, N., H., H.(2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesacenter, 1(1), 80-86.
Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan: Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Melani, A., & Gani, E. (2023). implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMP negeri 16 padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.
Nathasia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 11 Malang. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 227-245.
Ridwan, M., dkk. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Suwansi, S. (2022). pedagogie genre dan sibergogi dalam pembelajaran bahasa indonesia di era digital untuk mewujudkan kompetensi multiliterasi siswa. Sinergi Budaya dan Teknologi dalam Ilmu Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 191-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.