Potret Kurikulum Merdeka terhadap Karakter Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
Keywords:
kurikulum merdeka, bahasa indonesia, karakter peserta didikAbstract
Perkembangan kurikulum Indonesia tentunya tak bisa dihindari. seiring pembangunan negara dan perkembangan dunia, kurikulum sebagai kiblat aktivitas belajar pengajaran harus berubah sesuai perkembangan zaman. Kurikulum saat ini yaitu kurikulum merdeka memiliki peranan penting sebagai pembentuk karakter belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa indonesia lebih lanjut dengan memfokuskan efektivitas kurikulum terhadap karakter belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Library Research (studi pustaka) yaitu menjadikan sumber buku, jurnal dan situs terpercaya sebagai bahan pengumpulan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa kurikulum merdeka sangat berpengaruh terhadap karakter belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Konsep kebebasan dan mandiri menjadikan kurikulum merdeka dapat mengasah kemampuas peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik diharapkan dapat lebih kreatif dalam meningkatnya semangat belajar peserta didik yang berlandaskan profil pelajar pancasila.
Downloads
References
Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022). Komparasi penerapan kurikulum merdeka dan k-13di sma abdussalam. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 83-96. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4101
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/55749
Febriyanti, D., & Mulyawati, I. M. (2023). Analisis Kesesuaian Standar Mutu Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliah Negeri Sukoharjo (Doctoral dissertation, UIN RADEN MAS SAID). http://eprints.iain- surakarta.ac.id/7367/1/SKRIPSI%20DHINI%20FEBRIYANTI%20-%20196151015.pdf
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622/1327
Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 195-214. https://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/15700/5997
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
https://media.neliti.com/media/publications/449646-none-4861d0ff.pdf
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. https://journal.ugm.ac.id/jkn/article/view/67613
Qomariah, Y. N., & Supardi, Z. I. (2022). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 49-56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.