Pengoptimalan Literasi Dan Numerasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV di UPT SD NEGERI 349 GRESIK

Authors

  • Laily Fitrianingrum Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Kampus Mengajar; Literasi dan Numerasi; Kolaborasi

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan sebuah keterampilan umum dan mendasar yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik khususnya di jenjang sekolah dasar, agar dapat menyesuaikan diri dengan berbagai konteks kehidupan, baik secara personal, sosial, maupun prefesional. Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset, dan Teknologi mendorong peningkatan literasi dan numerasi siswa dengan berbagai cara, salah satunya diwadahi dalam program Kampus Mengajar.  Pada program ini mahasiswa yang terpilih membantu empat hal, yaitu: literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi. Adapun kriteria sekolah dasar yang dipilih sebagai tempat mengajar mahasiswa yakni sekolah dengan akreditasi C atau B dengan jumlah siswa yang sedikit atau terletak pada wilayah 4T (Terdepan, terluar, tertinggal, dan wilayah transmigrasi). Mahasiswa menjadi patner kolaborasi bagi pendidik di sekolah tersebut, salah satunya adalah UPT SD Negeri 349 Gresik yang bertempatkan di Dusun Batusendi, Desa Sidgedungbatu, Kec. Sangkapura, Bawean, Kab. Gresik, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini, merupakan kolaboratif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan selama kegiatan pengabdian ini yakni dengan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan teknik pengolahan datan kualitatif Milles and Huberman. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mengatasi permasalahan di sekolah penugasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.127

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., Ngabiyanto, & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13–24.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., Indragiri, I., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 2(1), 42–51. http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta:Bandung.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Fitrianingrum, L. . (2023). Pengoptimalan Literasi Dan Numerasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV di UPT SD NEGERI 349 GRESIK . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1610–1621. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/724