Systematic Literature Review: Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Covid 19

Authors

  • Ayu Rachmawati Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Aulia Ilmi Ababil Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Firdha Tania Bihoirina Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Kesulitan Belajar; Matematika; Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat dari adanya pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). peneliti ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Dengan   metode ini peneliti melakukan review dan mengidentifikasi jurnal-jurnal secara sistematis yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan. Untuk merampungkan penelitian ini, peneliti mengumpulkan artikel jurnal pada database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish untuk mencari Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika di era covid 19. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online adalah siswa belum bisa memiliki inisiatif belajar sendiri, siswa belum terbiasa dalam melaksanakan kebutuhan   belajar online di rumah, siswa mempelajari materi matematika sesuai apa yang diberikan oleh guru, tujuan atau target belajar onlinesiswa terhadap pelajaran matematika masih terbatas pada perolehan nilai yang dicapai, tanpa memperhatikan proses dan kemampuan siswa dalam memahami materi, masih terkesan belajar yang seperlunya, masih ada siswa yang menyerah mengerjakan tugas matematika ketika terdapat kesulitan dan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah siswa jarang melakukan evaluasi proses terhadap hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Amran, A. et al. (2021) ‘Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 5179–5187. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538.

Apsoh, S., Setiawan, A. and STKIP BINA Mutiara Sukabumi, P. (2022) ‘JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia 31 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Daring’, Agustus, 1(2), pp. 31–41. Available at: https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji.

Astuti, S.T. et al. (2021) ‘Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan’, Universitas Muhammadiyah Jember; Jl.Karimata No.49 Kec.Sumbersari, (49), pp. 1–14.

Fauzy, A. and Nurfauziah, P. (2021) ‘Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 551–561. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Harleni, S., Tartiyoso, S. and Espresia, E. (2022) ‘Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkalian Bentuk ALjabar Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai’, Jurnal Serunai Matematika, 14(1), pp. 40–45. Available at: https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.538.

Huzaimah, P.Z. and Risma, A. (2021) ‘Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), pp. 533–541.

Karsim and Ratnaningsih, N. (2022) ‘Problematika Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Pembelajaran Blended di Masa Pandemi COVID-19’, Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), pp. 176–182.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e- journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema Journal, 2(1), 32–39.

Rohmah, L. (2016). Konsep E-Learning dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. AnNur: Jurnal Studi Islam, 3(2), 255–270.

Silvia harleni, seget tartiyoso, dan eka espresia (2021) ‘Jurnal Serunai Matematika Jurnal Serunai Matematika’, 13(1), pp. 16–22.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Yulia, I.B. and Putra, A. (2020) ‘Kesulitan Siswa dalam Mengingat Pembelajaran Matematika’, Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2), pp. 327–335. Available at: https://journal.uii.ac.id/RPI/article/view/18351.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Rachmawati, A. ., Ilmi Ababil, A. ., & Tania Bihoirina, F. . (2023). Systematic Literature Review: Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Covid 19. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1600–1609. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/723