Urgensi Analisis Pembelajaran Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Achmad Fanani
  • Dian Kusmaharti Program Studi PGSD,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Atnuri Program Studi PGSD,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Kompleksitas tugas guru SD dalam merencanakan dan mengembangkan pembelajaran menuntut guru mampu mengintegrasikan berbagai komponen karakter kecakapan abad 21 ke dalam pembelajaran, masalah penelitian Bagaimana tanggapan mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD terhadap urgensi kompetensi analisis pembelajaran abad 21. Jenis penelitian ini termasuk kategori penelitian deskriptif, sampel penelitian mahasiswa angkatan 2017 PGSD Universitas PGRI AdiBuana Surabaya, teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala likert (rentangan skor 1 s.d 4), dengan memanfaatkan software Gogle Form. Teknik analisis data secara deskriptif dan.persentase.

Hasil tanggapan mahasiswa pada dasarnya sangat setuju dan setuju bahwa kompetensi analisis pembelajaran merupakan kebutuhan yang urgen bagi mereka sebagai pendukung kompetensi perencanaan dan pengembangan pembelajaran di SD yang berorientasi pembelajaran abad 21. Bahwa setiap tahapan perencanaan dan pengembangan selalu diawali dengan aktivitas analisis. Untuk mendapatkan informasi arah dan target hasil pembelajaran, karakteristik dan urutan materi, kebutuhan pengalaman belajar, serta bahan pendukung pembelajaran. Tanggapan mahasiswa PGSD secara umum termasuk kategori sangat setuju dan setuju bahwa analisis pembelajran penting dikuasai sebagai syarat melakukan perencanaan dan pengembangan.

Kata kunci : urgensi, analisis pembelajaran, perencanaan, pengembangan, pembelajaran abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Achmad Fanani, Dian Kusmaharti, & Atnuri. (2021). Urgensi Analisis Pembelajaran Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Abad 21. SNHRP, 281–285. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/72