Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Silvia Farida Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Meilita Kurnia Sandra Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

pendidikan karakter; sekolah dasar

Abstract

Pendidikan karakter penting adanya dalam muatan kurikulum sekolah dasar. Muatan kurikulum ini dapat direpresentasikan pada mata pelajaran muatan lokal, selain untuk menyampaikan materi juga sebagai penguat karakter yang sesuai dengan sikap toleransi, religius, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan sebagainya. Pengembangan pendidikan karakter yang bermuatan dengan nilai-nilai pancasila penting dilakukan karena melihat kenyataan dilapangan bahwa anak-anak sekolah sangat bergantung dengan kemajuan gadget yang begitu pesat namun tidak digunakan untuk kegiatan edukasi, melainkan justru sebagai ajang ancaman cyberbullying maupun menciptakan kepribadian anak yang tertutup. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap pembalajaran PPKn pada materi pendidikan karakter di sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan meriview semua artikel terkait dengan pembelajaran PPKn dalam kurun waktu 2019-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa semua model pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar siswa dengan baik dan media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran video pembelajaran. Dengan mempelajari materi pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn kami berharap mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa terkai nilai-nilai pancasila dengan lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “Multimedia Indonesian Culture”(MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127-136.

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129-145.

Azzahra, N., Nurhasanah, N., & Utami, N. C. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ENGCITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 2(1).

Bachrudin, A. A., & Kasriman, K. (2022). Analisis Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4505-4516.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Farida, S. ., & Sandra, M. K. . (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1540–1547. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/713