Menyongsong Pendidikan 5.0: Mengoptimalkan Teknologi dalam Proses Belajar-Mengajar

Authors

  • Dina Rahma Wardana Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Erny Rachmawati Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Fara Aisyah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

pendidikan 5.0, teknologi, belajar-mengajar, aksesibilitas, pembelajaran adaptif, kolaborasi, realitas virtual, analisis data.

Abstract

Pendidikan 5.0 merupakan paradigma baru dalam pendidikan yang mengintegrasikan teknologi secara optimal dalam proses belajar-mengajar. Dalam penelitian ini, kami mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan wawasan tentang implementasi pendidikan dan penggunaan teknologi dalam konteks pendidikan. Temuan utama kami adalah peningkatan aksesibilitas, pembelajaran adaptif, kolaborasi dan keterlibatan, realitas virtual dan augmented, serta analisis data dan pembelajaran prediktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga Hidayat, E. R. (2019). Penerapan Teknologi Dalam Analisis Perilaku Belajar Reflektif Berbasis Sistem Android Untuk Meningkatkan Pembelajaran E-Learning. Jurnal Gammath.

Ego Fidiyah, L. P. (2022). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar . J-Dinamika Jurnal Pengapdian Masyarakat.

Hermanto, B. (2021). Personalized Learning in Education 5.0: A Case Study of Technology Integration. International Journal of Technology-Enhanced Learning, 13(1), 76-91.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Technical Report TR/SE- 0401, Department of Computer Science, Keele University.

Rahayu, R. (2020). Perubahan Perilaku Guru dalam Implementasi Pendidikan 5.0 melalui Teknologi. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 13(1), 23-33.

R. Ceha, E. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran . Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Santoso, B. (2017). Tantangan Implementasi Pendidikan 5.0 dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan, 3(2), 45-56.

Sonya Heswari, S. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Jurnal Inovasi Penelitian.

Suryabrata, F., Prasetio, E. H., & Prastowo, A. (2021). Implementasi Pendidikan 5.0 pada Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 7(1), 109-121. Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Technical Report TR/SE-0401, Department of Computer Science, Keele University.

Unik Hanifah Salsabila, L. I. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan .

Utami, S. (2018). Pengaruh Implementasi Pendidikan 5.0 terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(1), 78-87.

Wibowo, B. (2021). The Level of Technology Use in Education 5.0: A Survey among Teachers. Journal of Educational Technology, 8(1), 23-37.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Wardana, D. R. ., Rachmawati, E. ., & Aisyah, F. . (2023). Menyongsong Pendidikan 5.0: Mengoptimalkan Teknologi dalam Proses Belajar-Mengajar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1531–1539. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/712