Meningkatkan Kemandirian Dan Kreativitas Dalam Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka

Authors

  • Indira Yuliana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Kemandirian, Kreativitas, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Kurikulum merdeka sebagai solusi meningkatkan kreativitas dan kemandirian dalam pendidikan peserta didik dan pendidik. Metode yang digunakan yaitu metode kajian literatur dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari berbagai macam sumber relevan dan terbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka mampu dan dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik dan pendidik dalam pendidikan. Kurikulum merdeka yang berdasarkan pada pengalaman dan kebebasan dalam proses belajar yang membebaskan peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan konstribusi dalam upaya meningkatkan penididikan di kurikulum merdeka yang fokus kepada meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik dan pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bara, Abdul Karim. 2018. MEMBANGUN KREATIVITAS PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKA. Jurnal Iqra' Vol 06 No.02

Khaerunnisa, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, hal, 177. Diakses online pada tanggal 4 juli 2023 di https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/8811/5163.

Kusumawati, D. Sutisna, A. 2021. MERDEKA BELAJAR DALAM KONTEKS DALAM KONTEKS KEMANDIRIAN RESPON TERHADAP REGULASI BARU MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Jurnal Lensa Pendas. Vol 6. No. 1, hal 11-17.

Muliardi. 2023. Mengembangkan Kreativitas dan Karakter Bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. Vol 02. No. 1, hal 1-12.

Waruwu, E. 2023. Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Yuliana, I. . (2023). Meningkatkan Kemandirian Dan Kreativitas Dalam Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1320–1327. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/692