Meningkatkan Kemandirian Dan Kreativitas Dalam Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka
Keywords:
Kemandirian, Kreativitas, Kurikulum Merdeka.Abstract
Kurikulum merdeka sebagai solusi meningkatkan kreativitas dan kemandirian dalam pendidikan peserta didik dan pendidik. Metode yang digunakan yaitu metode kajian literatur dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari berbagai macam sumber relevan dan terbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka mampu dan dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik dan pendidik dalam pendidikan. Kurikulum merdeka yang berdasarkan pada pengalaman dan kebebasan dalam proses belajar yang membebaskan peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan konstribusi dalam upaya meningkatkan penididikan di kurikulum merdeka yang fokus kepada meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik dan pendidik.
Downloads
References
Bara, Abdul Karim. 2018. MEMBANGUN KREATIVITAS PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKA. Jurnal Iqra' Vol 06 No.02
Khaerunnisa, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, hal, 177. Diakses online pada tanggal 4 juli 2023 di https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/8811/5163.
Kusumawati, D. Sutisna, A. 2021. MERDEKA BELAJAR DALAM KONTEKS DALAM KONTEKS KEMANDIRIAN RESPON TERHADAP REGULASI BARU MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Jurnal Lensa Pendas. Vol 6. No. 1, hal 11-17.
Muliardi. 2023. Mengembangkan Kreativitas dan Karakter Bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. Vol 02. No. 1, hal 1-12.
Waruwu, E. 2023. Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.