Inovasi Layanan Pemasaran UMKM Kuliner Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Kabupaten Toba)

Authors

  • Kristina Margaretha Napitupulu Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Mariana Simanjuntak Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Orientasi Pasar, Inovasi Produk kuliner Lokal, Inovasi Operasional, Kinerja UMKM, SWOT, dan QSPM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta membuat mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk perbaikan pemasaran pada UMKM dengan metode analisis SWOT dan QSPM. Penelitian ini mengambil studi kasus pada UMKM yang berada di Kabupaten Toba yaitu Binanga Cafe Food Court, Mie Ayam Hijau Sayuran Yogja, Rumah Makan Flyover, dan Basecamp Bakso. Hasil analisis SWOT menunjukkan UMKM di Kabupaten Toba berposisi pada kuadran I dan disarankan mengubah strategi pemasaran yang telah ada berdasarkan matriks strength–opportunity. Alternatif strategi yang ada dianalisis menggunakan QSPM, skor TAS tertinggi pada analisis matrix QSPM sebesar 13,464. Strategi yang terpilih adalah membuat akun media sosial usaha untuk menjangkau pelanggan. Dengan mengimplementasikan strategi tersebut diharapkan dapat membantu pihak UMKM dalam menjangkau pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, A. M., & Anwar, K. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada UMKM (Studi Usaha Jahit Hanimist). Indonesian Journal of Islamic, 6(June), 60–72.

Epaga, P., Baihaqi, A., & Susanti, E. (2019). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Pengolahan Kopi Arabika Ekspor di Kabupaten Aceh Tengah (Studi Kasus pada KSU Sara Ate). Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD, 4(2528), 602–611.

Kurniawansyah, D. (2020). Kinerja Umkm di Kabupaten Jember: Studi Empiris Sebelum dan Sesudh Penerapan Metode Time-Driven Activity-Based Costing. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 5(1), 834–848.

Mahrita, A., Rakhman, F. A., & Meitiana. (2021). Efektivitas Hybrid Method (Metode TMa dan IK ) pada Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Statistik. 2(2), 56–63.

Nursalim, M. (2021). Penguatan Inovasi Layanan BK Saat dan Pasca Pandemi Covid-19. 12–19. Qolbi, M. F., Praptono, B., & Hadi, R. M. El. (2021). Perancangan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Qspm (Studi Kasus: Idaman Busana Bandung). 8(5), 8362–8370.

Shou, Y., Zhao, X., Dai, J., & Xu, D. (2021). Matching traceability and supply chain coordination: Achieving operational innovation for superior performance. Transportation Research Part E, 145(November 2020), 102181.

Sudirman, A., Halim, F., Nainggolan, A. B., Butarbutar, N., & Sherly. (2021). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. 165–179.

Taherdoost, H. (2019). What Is the Best Response Scale for Survey and Questionnaire Design; Review of Different Lengths of Rating Scale / Attitude Scale / Likert Scale. 8(1), 1–10.

Zaman, M., Oktapriandi, S., & Masnila, N. (2019). Perbaikan Manajemen Pemasaran Terhadap Peningkatan Omset Produk Tenun Songket Palembang. 2017.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Napitupulu, K. M., & Simanjuntak, M. . (2023). Inovasi Layanan Pemasaran UMKM Kuliner Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Kabupaten Toba). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1248–1259. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/684