Filosofi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kajian Literatur
Keywords:
Sejarah; Pendidikan Pancasila; Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Tulisan ini akan membahas tentang filosofi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan bentuk pendidikan yang mengembangkan sikap dan kemampuan warga negara dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang baik. Filosofi pendidikan ini didasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang berisi tentang dasar dan ideologi negara Indonesia dengan tujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki kesadaran dan komitmen terhadap negara dan masyarakat. Filosofi ini juga mencakup aspek penting, seperti membentuk karakter dan moral yang baik, memperkuat rasa cinta tanah air, menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan mengajarkan nilai bhinneka tunggal ika. Dengan
demikian, peserta didik dapat mencerminkan upaya untuk membentuk warga negara yang berkualitas, memiliki kesadaran sosial yang tinggi, dan siap untuk berkonstribusi dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.
Downloads
References
Nugraha, A. Dewi, D. (2021). Relation of Citizenship Education with Pancasila: The Intention of The Implementation of The Value of Pancasila. Journal of Education and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 247-156. https://www.researchgate.net/publication/353240685_Hubungan_Pendidikan_Kewarganegaraan_Dengan_Pancasila_Wujud_Implementasi_Nilai_Pancasila
Pamuji, D. Landasan Teori Pendidikan Kewarganegaraan. https://repository.ump.ac.id/6319/3/Desi%20Dwi%20Pamuji_BAB%20II.pdf
Rahayu, A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rindjin, K. (2019). Pengertian Pendidikan Pancasila. https://www.studocu.com/id/document/universitas-jember/pendidikan kewarganegaraan/pengertian-pendidikan-pancasila/26894183
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.