Filosofi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kajian Literatur

Authors

  • Amar Salasa Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Dwi Vivi Rahayu Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Balinda Nariswati Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya
  • Hanifah Nur Maulidiyah Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya

Keywords:

Sejarah; Pendidikan Pancasila; Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang filosofi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan bentuk pendidikan yang mengembangkan sikap dan kemampuan warga negara dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang baik. Filosofi pendidikan ini didasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang berisi tentang dasar dan ideologi negara Indonesia dengan tujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki kesadaran dan komitmen terhadap negara dan masyarakat. Filosofi ini juga mencakup aspek penting, seperti membentuk karakter dan moral yang baik, memperkuat rasa cinta tanah air, menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan mengajarkan nilai bhinneka tunggal ika. Dengan
demikian, peserta didik dapat mencerminkan upaya untuk membentuk warga negara yang berkualitas, memiliki kesadaran sosial yang tinggi, dan siap untuk berkonstribusi dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugraha, A. Dewi, D. (2021). Relation of Citizenship Education with Pancasila: The Intention of The Implementation of The Value of Pancasila. Journal of Education and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 247-156. https://www.researchgate.net/publication/353240685_Hubungan_Pendidikan_Kewarganegaraan_Dengan_Pancasila_Wujud_Implementasi_Nilai_Pancasila

Pamuji, D. Landasan Teori Pendidikan Kewarganegaraan. https://repository.ump.ac.id/6319/3/Desi%20Dwi%20Pamuji_BAB%20II.pdf

Rahayu, A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rindjin, K. (2019). Pengertian Pendidikan Pancasila. https://www.studocu.com/id/document/universitas-jember/pendidikan kewarganegaraan/pengertian-pendidikan-pancasila/26894183

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Salasa, A., Rahayu, D. V., Nariswati, B., & Maulidiyah, H. N. (2023). Filosofi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kajian Literatur. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1221–1224. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/680