Kurikulum Merdeka: Mendorong Pendidikan Inovatif Dan Mandiri Untuk Masa Depan Bagi Peserta Didik

Authors

  • Erlinda Nur Rahma Gita Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Inovatif, Mandiri.

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang mendukung visi pendidikan Indonesia, sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel yang berfokus pada materi esensial dan mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik. Kurikulum merdeka dirancang, terutama karena krisis pembelajaran yang berkepanjangan dan diperparah dengan adanya pandemi COVID-19. Konsep kurikulum merdeka mendorong peserta didik untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran, mengeksplorasi minat mereka sendiri, dan juga mengembangkan keterampilan yang relevan dengan potensi individu masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum merdeka yang mendorong pendidikan inovatif dan mandiri untuk masa depan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan desain literature review atau tinjauan pustaka. Pendekatan deskriptif kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data berupa kata-kata dengan bentuk deskripsi, sedangkan desain literature riview atau tinjauan pustaka adalah teknik mengumpulkan data atau sumber dari berbagai sumber bacaan, seperti jurnal, buku, dan lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan inovatif dan mandiri untuk masa depan peserta didik menurut kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.

Badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbud.

Barus, D. R. (2019). Model-model Pembelajaran yang Disarankan Untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21. Universitas Negeri Medan, 1-13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38932

BASTARI, K. . (2021). BELAJAR MANDIRI DAN MERDEKA BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK, ANTARA TUNTUTAN DAN TANTANGAN. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 68-77. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.430

Gita, E. N. R. (2023). NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ANAK YANG BERJUDUL “POP STARS” KARYA NILA CHAIRULNISA. PROSIDING SAMASTA.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Indriyani, Ina Eka & Jannah, Raudhatul. (2023). Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional (PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Insani, Farah Dina. (2019). “SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8 (1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132.

Kemendikbud. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Mulyono, R., & Sulistyani, F. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) SEBAGAI SEBUAH PILIHAN BAGI SATUAN PENDIDIKAN: KAJIAN PUSTAKA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999 - 2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rohimat, S., & Najarudin, N. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma 3 (2), 94- 102. https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251

Sopandi, D., & Andina Sopandi, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Rahma Gita, E. N. . (2023). Kurikulum Merdeka: Mendorong Pendidikan Inovatif Dan Mandiri Untuk Masa Depan Bagi Peserta Didik. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1176–1186. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/675