Profil Pemecahan Masalah Program Linier Dengan Metode Simpleks
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah Program Linier dengan metode Simpleks dengan langkah-langkah Polya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dimana pada tahap pertama dilakukan tes penyelesaian masalah Program Linier pada mahasiswa program studi pendidikan matematika kelas 2017A semester gasal Tahun Ajaran 2019-2020. Setelah itu dipilih 3 mahasiswa dengan kemampuan menyelesaikan masalah tinggi, sedang, dan rendah untuk dilakukan wawancara. Wawancara bertujuan untuk mengkonfirmasi jawaban mahasiswa serta menggali informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Program Linier. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: 1) Subyek dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu menyelesaikan masalah Program Linier dengan metode Simpleks dengan baik sesuai dengan langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali proses dan hasil dengan tepat sehingga ditemukan solusi optimal. 2) Subyek dengan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah Program Linier dengan metode Simpleks dengan tepat, akan tetapi terjadi kesalahan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian serta tidak memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian. 3) Subyek dengan kemampuan memecahkan masalah rendah mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah Program Linier dengan metode Simpleks dengan benar, akan tetapi pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian melakukan kesalahan di awal perhitungan dan tidak melakukan pemeriksaan kembali proses dan hasil penyelesaian sehingga solusi optimal tidak ditemukan.
Kata kunci : program linier, metode simpleks, pemecahan masalah, polya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.